Iseng Buat Orek Tempe Teri Sayur Mbayung


Inilah calon koki tradisional ( sombong tak berbobot ) , dulu aku setiap hari di sore hari harus memasak. Dalam keluargaku ada 4 bersaudara dimana aku paling bontot. Aku dan kedua kakakku laki - laki dan satu kakak perempuan saat itu sudah merantau. Kedua kakakku sudah bekerja semua sedangkan ibu bapakku seorang pekerja keras yg rajin disawah sebagai petani. Posisi aku yang masih sekolah dan disore hari dirumah harus turut membantu pekerjaan orang tua dengan mengerjakan kerjaan dirumah. Masak dan menggoreng adalah kerjaanku sehari - hari , masak bukan kerjaan wanita kini banyak koki ternama dan hebat bergander laki - laki.

Sudah lama aku tidak masak , hari ini istriku sibuk membantu kerjaku dan mengurusi kedua anakku.
Hari ini aku masak orek tempe teri dan istriku sudah masak sayur mbayung ( daun muda kacang panjang )

Gambar. Nasi Orek Tempe Teri Sayur Mbayung


Pertama iris tempe satu lonjor tipis panjang lalu goreng sampai kecoklatan dan kering.

Gambar. Tempe goreng kering

Lalu goreng pula teri

Gambar. Ikan Teri goreng



Lalu siapkan cabe merah ( iris serong tipis )  , bawang putih ( iris tipis ) , bawang merah ( iris tipis ) dan siapkan tomat iris dadsuka
Gambar. Irisan bawang merah ,bawang putih , dan bawang merah serta tomat


Tumis semua bumbu diatas sampai harum dan benar - benar layu lalu masukkan 1/4 gelas kecil air , tambah secukupnya gula jawa sesuai selera , dan tambah setengah bungkus kecil chiken powder ( kalau suka tambah mecin , kalau aku kebetulan tidak suka jadi tidak pakai ). Setelah mendidih masukkan teri dan tempe goreng aduk sampai kering. Proses masak selesai dan mari kita nikmati.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )