Rencana Tuhan Lebih Indah dari Rencana Manusia

Tahun 2003 lulus dari SMK N 1 Magelang atau biasa dikenal STM Cawang.

Rencana Tuhan Lebih Indah dari rencana manusia.


Seorang lulusan STM tentu berharap ingin mencari kerja setelah lulus sekolah , begitu juga saya cita - cita ingin jadi karyawan pabrik sejati. Sudut pandang saya sepertinya orang bekerja dipabrik itu bersih , wangi , enak pokoknya sangat menggiurkan. Walaupun ternyata tak seindah itu , ya namanya juga " wang sinawang " jarene wong jowo mah.


Tahun 2003 saya mencoba mencari kerja melalui Bruderan Muntilan , proses demi proses dilalui dan akhirnya di kirim ke sebuah perusahaan makanan instan di dearah Kosambi , Kerawang. Namun 2 hari kerja dengan alasan tak sanggup pisah dengan orang tua dan lain sebagainya saya pulang.

Tahun 2004 saya mencari kerja lagi dan lagi - lagi melalui penyalur kerja di Jogja / Yogyakarta. Proses berlanjut dan diterima di perusahaan retail yang berpusat di Cikokol , Tangerang. Saat itu saya di tempatkan di Cileungsi , Bogor. Disitu saya awal merantau sampai  akhir merantau , selama 11 tahun.

Gambar : foto bareng di salah satu perusahan di Cileungsi , Bogor


Di Cileungsi saya mengenal beberapa tewan dari luar wilayah seperti Bima , Padang , Madura , Solo , Cilacap , Bandung , Majalengka , Lampung , Cileungsi , Cibinong , Citeurep , Bekasi dan lain sebagainya.
Dimana setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda , terkadang kalau belum mengenal karakteristik daerah lain akan menyimpulkan berdasar karakteristik daerah asal. Misal ketika bertemu dengan orang Padang sebelum tahu karakteristiknya akan bilang orang Padang kasar - kasar, padahal memang karakteristiknya seperti itu tidak bisa selembut orang jawa. Gaya bahasa / logat sama - sama berbahasa indonesia namun logat juga berlainan, seperti saya logat jawanya masih kentel ketika ngomong bahasa indonesia ataupun orang cilacap logat ngapaknya juga masih kentel ketika ngomong bahasa indonesia. Terkadang dari segi karakter wajah antara beberapa daerah juga beda seperti Kebumen dan Purworjo yang jaraknya tak terlampo jauh tapi orang Kebumen dari sisi kulit lebih ke kuning langsat sedang kalau daerah Purworjo sudah sawo matang.

Banyak hal yg didapat saat merantau berteman dengan daerah lain , mengenal karakter teman yang lebih banyak , kemandirian , solidaritas , adaptasi dan banyak lagi lainnya.
Salah kalau beranggap merantau sama saja kalau tak berkembang , mungkin secara materi tidak berkembang secara pergaulan ada perbedaan signifikan , kemandirian , serta pengalaman.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )