Motor Roda Tiga Viar Bekas Magelang

Setiap orang pasti pingin punya mobil , tapi jika tidak mampu untuk beli mobil jangan punya mobil dulu.
Aku hanya pengusaha kecil sebagai seorang pedagang sayur.

Sebelumnya aku adalah seororang karyawan dibeberapa perusahahaan. Berawal di PT Alfaria Trijaya ( Status karyawan tetap , bekerja kurang lebih tiga tahun ) , PT Indromitra Sedaya ( Karyawan Harian Lepas  ,selama tiga tahun ) , PT Sika Indonesia ( Karyawan kontrak , 9 bulan ) , PT Lintec Indonesia ( Karyawan tetap , 3 tahun ) dan beberapa PT yg hanya hitungan hari.

Aku bekerja di Perusahaan sebagai Karyawan selama hampir 11 tahun dan merantau di Cileungsi , Bogor.
Terakhir bekerja di PT Lintec Indonesia memutuskan risegn untuk mencoba memulai usaha kecil. Disisi lain sudah bosan baik dikerjaan dan juga dilingkungan. Mulai usaha kecil dengan modal kecil nekat dilakukan.
Waktu itu berbekal sekitar 20 jutaan , untuk buat warung dan modal dasar usaha. Membuat warung habis kurang lebih 13 jutaan dan perlengkapan usaha hampir 3 juta.

Usaha dimulai dengan membuka usaha warung bakso , mie ayam dan nasi , bakmi baik godog dan goreng. Kegagalan dialami oleh usahaku modal habis dan kebingungan harus berbuat apa.
Sebuah saran dari keluarga untuk membuka usaha dagang sayur. Berawal dengan modal 300 ribu , usaha dimulai.

Tiba - tiba dagangan banyak untuk mengangkut dengan motor tanpa krombong tak sanggup. Saat itu pinjam krombong untuk mengangkut.
Rasa cinta ibu ke anak disaat kekurangan ibuku menyarankan beli krombong.

" Beli krombong biar buat angkut enak dan tidak pinjam lagi"  tanya ibu

" belum punya uang" jawabku

" berapa harganya ? " tanya ibuku

" 150 ribu" jawabku

Lalu ibuku memberi uang 150 ribu dan aku berangkat. Dan dapat krombong seharga 90 ribu, dan sisa aku balikkan.

Setelah berbulan bulan dagangan kami semakin banyak , jumlah hingga 0,5 ton daya muat motor sudah tak memenuhi.

Aku ikut masku yg sama - sama pedadang karena masku punya mobil. Terkadang rasa tidak enak menyertai karena daganganku lebih banyak.

Sesudah 6 bulan aku memutuskan untuk membeli motor roda tiga bekas , dengan harga 10 juta dengan kenopinya. Sedangkan dana yg ku miliki hanya 7 juta lalu lebihnya aku pinjam ibuku.

Tentu dengan modal nekad ku beli motor roda tiga yg tidak tahu tentang motor roda tiga. Jujur waktu itu mengendari motor kopling saja tidak bisa.

" Lalubagaimana mengemudikannya?"

Jujur saat itu bingung motor roda tiga sudah dimiliki tp sayang tidak bisa memakainya.

" Belum bisa aja beli , yg bisa motor kopling aja tidak bisa " justruini celoteh seorang kakakku.

" semua perlu belapuny, nanti juga bisa kalau sudah punya" dalam hatiku berkata.

Sungguh entah kenapa setiap apa yg kulakukan selalu salah dimatanya. Tapi mungkin perasaanku aja , pada dasarnya aku selalu ingin mensikapi secara dewasa dan sebagai seorang yg bijak menghadapi.

Selain itu tantangan lagi buatku saat awal punya motor roda tiga , disaat aku belum bisa mengendari. Masku yg biasa aku ikut dengannya tidak mau membawakan dagangan padahal dagangan sayur banyak.

Saat itu kesel , jengkel dan lain sebagainya dalam hatiku berkata " ya dah tidak mau bantu , kelak aku juga bisa mendapatkan yg lebih baik tanpa bantuannya juga bisa sendiri "

Alkamdulillah 5 hari aku punya motor roda tiga , saat itu minta diajari tetangga yg biasa pakai. Latihan dilakukan dilapangan terbuka yg tidak rata. Hal yg buruk saat miring respek kaki yg ingin turun agar tak ambruk hingga kaki lecet - lecet. Berlatih berapa putaran lalu coba di jalan raya , rasa takut dan masih kaku baik kaki dan tangan dirasa.

Setelah bisa keesokan harinya saat dagangan tidak terlalu banyak , dengan modal nekad ku beranikan kepasar untuk jual sayuran yg kubeli dari petani.

Kini bagiku motor roda tiga memang cocok untuk usaha kecil seperti saya ini.

Gambar : MRT , dengan muatan mentimun 130 kg , desim 80 kg , cabe 60 kg , kacang 15 kg , tomat 30 kg , dan kelapa besar 45 butir

 Daya muatnya motor roda tiga dengan rpm 150 cc mampu membawa beban 500 kg sampai 600 kg , untuk yang 200 cc mampu membawa beban 800 kg , sedangkan yang 250 cc mampu membawa beban 1 ton.

Dari sisi harga untuk second dari 4 jutaan sampai 22 jutaan. Untuk barunya dari 17 jutaan sampai 35 jutaan. Harga hampir sama dengan motor roda dua ,tp daya muat yg luar biasa.

Seandainya saja motor roda tiga menghadirkan yg motor roda tiga penumpang seperti berkenopi seperti mobil , aku beli yg cocok untuk keluarga kecil dengan memiliki 2 anak. Tentu aku ingin memiliki motor tersebut.

" Ayo para produsen motor roda tiga keluarkan motor roda tiga penumpang dengan harga terjangkau " aspirasiku lewat tulisan.

Dari sisi perawatan , dengan harga tersebut seandainya yg dibeli mobil dari sisi perawatan dan perbaikan tentu lebih irit motor roda tiga dari pada mobil.

Saat bersamaan aku beli motor roda tiga ada teman yg beli mobil lawas , harga motorku 9,5 juta karena ada kenopinya sedangkan temanku beli mobil tahun 85an dengan harga 13 jutaan. Selang beberapa lama dia tidak bawa mobil.

" Mobilnya mana " tanyaku

" rusak " jawabnya

Dan selang seminggu mobil dipakai kembali

" habis berapa , benerinnya ?" tanyaku

" Habis 2 juta " jawabnya

Dari biaya perbaikan saja dua juta sedangkan kalau motor roda tiga separah - parahnya tak sebesar itu.
Suatu kejadian pernah kualami saat memakai motor roda tiga pergi kepasar , jalan turun saat ingin menambah gigi perseneling terjadi kesalahan malah menginjak perseneling mundur dan saat itu pula motor mati. Kejadian itu menyebabkan seker hancur dan biaya perbaikan habis sebesar 600 ribu.

Perbandingan yg amat jauh bukan.
Dari sisi keamanan mungkin sama karena maling tidak ingin mengincar barangmurahan.

Dari sisi ekonomis perpajakan dan bahan bakar motor roda tiga tetap lebih unggul. Irit seperti motor lainya yg roda dua.
SIM ( surat ijin mengemudi ) , SIM C tetap menjadi pegangan tak perlu beralih. Awalnya aku kira SIM C1 untuk motor roda tiga seperti yang ku punya. Usut punya usut SIM C1 ternyata untuk motor roda tiga berkebutuhan khusus.

Menurut saya motor roda tiga cocok untuk usaha kecil dengan dasar harga terjangkau , perawatan murah , bbm irit , tak perlu ribet , daya muat luar biasa.

Seandainya aku punya uang lebih aku pingin beli yg rpm 250 cc baru dan beserta kenopi depan. Semoga Allah mengijabah harapanku , amin.

Apapun pilihanmu itu adalah terbaik buatmu.

Matur suwun mugi bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )