Bahaya Membentak Anak / buah hati kesayangan ( memutus milyaran sel - sel otaknya )


Dalam kehidupan sehari - hari tingkat kesabaran orang tua dalam menjaga dan mengawasi anak tentu ada batasnya. Terutama orang tua yang memiliki anak lebih dari satu dan jarak mereka tidak terlampau jauh ( 1 tahun - 5 tahun ).

Terkadang tingkat kesetresan orang tua karena banyak kerjaan sedangkan rasa keinginan tahu , jiwa bermain , dan banyak hal yang dilakukan anak bahkan kadang di tempat - tempat bahaya yang dihampiri anak. Sehingga kadang kontrol emosi orang tua tak terkendali sehingga anak dihujani kemarahan orang tua dibentak , di jewer ataupun dicubit.

Ibu dan bapak berapa kali sehari membentak anak?


Sedangkan sebagai orang tua sadar dan menyadari bahwa anak adalah rizki dari Tuhan , serta amanah yang harus tetap terus dijaga , di didik dan dapat dipertanggung jawabkan.

Terkadang saat membentak anak tentu rasa bersalah dan rasa menyesal sering dirasakan namun bagaimana lagi saat lelah , banyak pikiran , banyak pekerjaan dan masalah lain menggantung maka emosional susah dikendalikan.

Sangat berbahaya membentak buah hati yang dinanti kehadirannya , namun disia - siakan kehadirannya.
Dalam otak anak terdapat 10 triliun sel otak yang siap tumbuh akan tetapi 1 milyar sel otak akan rusak pada seketika iru yang hanya disebabkan 1 bentakan ataupun perkataan keras dan kasar.

Nah ,,, nah ,,, jangan sering bentak anak wahai orang tua...AkejantungZuhdii adalah Dokter ahli ilmu otak dari Neuroscience Indonesia . Beliau menjelaskan Ketika orang tua membentak anak , anak merasa takut. Dan produksi kartisol akan meningkat.

Hormon kartisol meningkat berakibat neuron banyak yang putus disebabkan oleh hormon tersebut seiring dengan peningkatan hormon kartisol tersebut.

" otak manusia "  secara struktual serta ada listrik dan ada pula hormonal.
Ketika anak sedang belajar maka di otak terjadi penyambungan neuron , saling berdekatan serta antar neuron semakin lama semakin kuat. Sedangkan sistem hormonal juga bekerja.

Lise Gliot mengungkapkan dalam pernyataannya bahwa membentak , Perkataan Kasar dapat mempengaruhi perkembangan  sel otak anak.
Sangat berbahaya jika emosional orang tua yang tak terkendali sehingga menghujani bentakan terhadap anak yang berdampak dengan terganggunya potensi mengganggu setruktur anak sendiri.

Kerusakan sel sel otak pada anak yang disebabkan bentakan lebih bantak dan lebih keras / besar berbanding terbalik dengan perkembangan sel otak anak.

Bentakan yang menyebabkan kerusakan sel - sel otak juga bisa terjadi pada remaja bahkan orang dewasa juga dapat terjadi namun efeknya tidak sebesar seperti anak - anak.

Selain bentakan orang tua terhadap anak kadang yang tidak disadari di lingkungan  adalah suara keras yang disebabkan oleh raungan knalpot motor , suara letusan mercon serta suara keras yang mengagetkan lainnya.

Efek / dampak jangka panjangnya , mereka kelak akan menjadi pribadi yangyang
  • Penakut , memiliki mental lemah sehingga takut melakukan sesuatu karena rasa takut terdapat kesalahan dengan apa yang dilakukan.
  • Pendiam , rasa kepercayaan diri dilingkungannya sudah lenyap
  • Lebih banyak melamun , karena hanya khayalannya yang berjalan namun tidak ada aksi pada fisiknya.
  • Tertutup , karena tidak ada orang yang dipercaya lagi
  • Lambat memahi / kurang responsif / telat mikir / daya terima informasi lambat.
  • Emosional , terkadang anak akan meniru segala sesuatu yang dilakukan orang tua ataupun lingkungan sekitar  
  • Depresi / trauma yang berlebih yang disebabkan selalu dihujani kemarahan orang tua
  • Stress merasa tak ada tempat aman lagi untuk berlindung.

 Telmi / telat mikir dialami karena kesulitan memahami titik - titik masalah yang dihadapi dikarena banyak sel - sel otak yang tidak aktif dibanding dengan sel otak yang aktif.

Sungguh tidak baik membentak - bentak anak bau kencur yang sedang tumbuh selain kerusakan pada sel - sel otak ternyata ada dampak lain yang disebabkan dari bentakan yaitu jantung.

Menurut Dokter pengajar di UKDW Yogyakarta Dr. Godelifa Maria Silvia Merry M.Si menyatakan bahwa denyut nadi manusia berubah - ubah sesuai sesuai suara yang sedang mereka dengar.

Sebenarnya ada cara agar terbentuk rangkaian sel otak terbentuk indah yaitu kasih sayang belaian lembut orang tua terutama belaian lembut orang tua saat menyusuhi. Mengendong dan memberi rasa aman terhadap anak juga adalah wujud belaian lembut orang tua.

Berapa banyak dalam hari ini membentak anak - anak, lalu apakah setelah membaca ini akan masih membentak anak yang lagi tumbuh dan berkembang.



Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )