Apa itu Blog? Penjelasan, Sejarah Singkat, Fungsi, dan Macam blog.

Apa itu blog?

Blog merupakan singkatan dari web log,  bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan - tulisan online.

Blog juga bisa di artikan secara gampang adalah aplikasi website yang dapat di jadikan sebagai wadah / tempat untuk menerbitkan berbagai macam tulisan - tulisan secara online.

Blog dapat juga diartikan yang mudah artikel hasil dari tulisan di media elektronika atau melalu internet.

Banyak penjabaran tentang blog yang maksud dan tujuannya semua sama yaitu intinya sama aplikasi web berupa tulisan. Tulisan ini dapat dibaca dan dicari dimesin pencari seperti gogle search dll. Sebenarnya tidak hanya tulisan yang dapat ditampilkan di blog melainkan gambar,  video juga dapat ditampilkan didalamnya agar lebih menarik,  sebagai gambar / video tampilan.

Blog dapat ditulis di platform yang gratis seperti Blogger.com atau WordPres.com
Kedua platform ini adalah platform gratis yang mudah dalam penggunaannya.

Apa Fungsi Blog?

Blog berfungsi sebagai media publikasi atau penerbit berupa tulisan - tulisan (yang dilengkapi foto / gambar,  video dll) untuk menyampaikan beberapa hal seperti

 pengalaman pribadi,
 ilmu pengobatan,
 media promosi,
ilmu teknologi ( bengkel / mesin / elektronika / dunia internet / dll),
 ilmu perternakan dan perikanan ,
 ilmu perkebunan,
Ilmu gaib,
Ilmu agama / ceramah keagaman,
Berita,
 ilmu memasak dsb.
Selain itu fungsi blog juga dapat menjadi media penghasil dana / uang  apabila blog yang dibuat sudah banyak pengunjungnya / yang membaca / masuk ke blog yang dibuat / visitor dengan memasang iklan didalamnya. Namun memasang iklan di blog juga ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Untuk memasang iklan tentu harus mendaftar terlebih dahulu baik di gogle adsense / bitly / popeller ads dll. Selain hasil dari pemasangan iklan,  blog juga berfungsi sebagai media promosi dalam bisnis yang dijalankan ataupun sesuatu yang ada disekitar kita ( tempat wisata,  rumah makan,  tempat hiburan dsb).


SEJARAH SINGKAT BLOG.

Media blogging pertama kali dipopulerkan oleh blogger.com pada Agustus 1999 dengan Perusahaan Pyra Labs. Oleh Goggle pada akhir 2002 mengakuisisi Perusahaan Pyra Labs karena kepopuleran blogger.com
Dari semenjak itulah banyak terdapat aplikasi - aplikasi yang bersifat open Source yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog.
Para penulis blog ( pemblogging)  sering disebut sebagai blogger walaupun aplikasi yang digunakan bukan blogger.com ( meskipun aplikasi yang digunakan wordpres.com ).


MACAM - MACAM BLOG

Blog meliputi beberapa macam di antaranya sebagai berikut :

1. Personal Blog / Blog Pribadi

Banyak blog terkenal karena blog pribadinya. Blog pribadi adalah blog yang menulis tentang pengalaman hidupnya. Atau bisa dikatakan diary yang berupa media elektronika tapi boleh dan bisa dibaca oleh orang lain ( publik).
Blog ini biasanya berupa puisi,  pengalaman asam manisnya dalam kehidupan,  lagu,  kisah lucu dan lainnya yang pernah dialami.
Tujuan blog tentu sebagai kenang - kenangan atas hal yang pernah dialami.

2. Blog Specialis / Blog Bertopik Khusus

Blog specialis atau blog bertopik khusus adalah blok yang arah tulisannya tertuju pada hal yang khusus khusus. Blog specialis seperti Obat - obat tradisional,  Ilmu kesehatan / kedokteran,  tentang ngeblog , berternak,  burung,  bercocok tanam,  toturial memasak,  toturial menjahit dsb. Blog - blog seperti ini banyak sekali dijumpahi karena tujuannya ingin berbagi ilmu dengan keahlian yang dimiliki.

3. Blog Komedi

Blog yang berisi gambar - gambar lucu ataupun tulisan  - tulisan tentang kelucuan - kelucuan. Blog ini biasanya dibuat oleh komedian berbakat. Tujuannya menyebarkan keahliannya dalam bidang komedian serta bakat menulisnya serta menghibur pengunjungnya.

4. Blog Niche

Blog yang baik,  blog yang memiliki retting tinggi dan rangking teratas yang sudah banyak di gandrungi para blogger terutama blogger pemula.
Blog niche / baik adalah blog yang dibuat oleh seorang blogger profesional yang paham dan mahir tentang optimasi blog atau SEO ( Search Engine Optimation).

5. Blog Promosi / Blog Pemasaran

Blog yang berisi suatu produk dengan rincian dan cara pemesannta. Intinya blog ini sebagai sarana memasarkan suatu barang atau tempat yang dapat dilihat secara online maupun offline nantinya ( langsung).

6. Blog Virus

Blog ini sebenarnya blog yang tidak baik karena dari tujuanya sudah tidak baik sedangkan yang dipublikasikan juga tidak baik.
Blog ini akan menyebarkan virus kepada pengunjungnya , akan tetapi blog - blog seperti ini kini sudah banyak yang diblokir sehingga jarang ditemui di mesin pencari.
Jadi sekarang jangan terlalu kwatir dengan blog virus yang sangat merugikan para pengunjungnya.

7. Blog Spam

Bingung dengan blog spam , blog yang membuat pengunjung bingung karena blog ini akan mengalihkan blog yang menjadi tujuan ke blog yang lain. Tetapi blog seperti ini masih sering ada yang menemukan namun kini sudah mulai jarang ada karena ada sangsi keras bagi penerbit blog ini.

Blog ini merukakan blog yang ingin hampir semua blog yang di buat di baca oleh pengunjung tanpa memikirkan kenyamanan pengunjung.
Demikian tentang blog yang saya ketahui pada dasarnya saya bukan blogger profesional yang pandai menjabarkan dan membuat blog yang baik. Tapi pada hakekatnya kita belajar dan belajar bersama sebagai seorang blogger agar kebih baik dalam segala bidang.

Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat dan menjadi teman yang saling melengkapi " amin "

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )