Monumen Bambu Runcing / Taman Bambu Runcing

Monumen Bambu Runcing Diresmikan pada tanggal 4 Juni 1980 oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu. Monumen bambu runcing atau taman bambu runcing terletak di Perumpung,  Desa Taman Agung,  Kecamatan Muntilan,  Kabupaten Magelang,  Propinsi Jawa Tengah,  Indonesia.

Monumen Bambu Runcing sebagai bukti tangguhnya para pejuang bangsa Indonesia melawan penjajah dengan menggunakan sebatang bambu yang runcing yang disebut bambu runcing. Betapa tidak,  memang pejuang para pahlawan bangsa ganya bersenjatakan alat sederhana tapi mematikan sebatang bambu runcing mampu mengalahkan timah panas yang mampu meluncur dalam jarak jauh. Tapi mungkin tekat yang kuat,  keberanian yang hebat,  rasa bosan ditindas , rasa sakit dianiaya menjadi sumber kekuatan besar untuk bebas dari tertindas oleh penjajah. Dengan alat sederhana dan keberanian untuk bebas dan merdeka membuat para pejuang bangsa mampu meraih kemerdekaan. Bambu runcing adalah bukti nyata bahwa sebuah perjuangan melawan segala sesuatu tidak harus menggunakan sesuatu yang canggih tapi manfaatkan apa yang ada dilingkungan kita lalu manfaatkan semaksimal mungkin dan dengan kerja keras pasti kita akan mendapat kejayaan,  keberhasilan,  kesuksesan. Monumen bambu runcing adalah sebagai suri tuladan setiap perjuangan dalam segala bidang. Dulu para pahlawan memerangi penjajah sekarang sebagai anak bangsa perangilah korupsi,  kebodohan,  narkoba dsb.

Monumen Bambu Runcing selain sebagai monumen peringatan juga bisa dijadikan taman bermain anak,  dimana diarea monument sudah terdapat tempat berduduk santai,  berolah raga ringan,  joging,  terapi rematik,  patung - patung binatang,  tanaman - tanaman penyejuk dan lain sebagainya. Monumen bambu runcing adalah tempat wisata murah ( saat ini masih gratis keluar masuk lokasi ini namun besar kemungkinan suatu saat menjadi wisata berbayar untuk perawatan tempat ini agar tidak rusak ditelan usia).
Monumen Bambu Runcing sebagai ikon penting Muntilan ( bukti bahwa kita sampai area muntilan ) Kecamatan Kecil yang letaknya sangat strategis ditengah antara Wates kulon Progo,  Magelang, area Gunung Merapi.

Mari sejenak berkunjung kearea Muntilan
Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )