Sepeda Motor Roda Tiga Vs Roda dua

Akhir - akhir ini makin marak sepeda motor roda tiga meramaikan pasar otomotif di indonesia. Dan kini marak pula pengusaha kecil menengah yang terus menjamur.

Sebagai alat angkut dalam usaha kecil mana yang lebih tepat digunakan. Dari kedua jenis memiliki kelebihan dan kekurangan tentunya diantaranya.

     1. Bahan Bakar
Bahan bakar sepeda motor roda dua dengan roda tiga tentu lebih irit yang roda dua tapi secara oprasional perbedaannya tidak terlalu berbeda jauh tergantung muatan pula.

      2. Harga
Untuk harga baru memang lumayan jauh antara  sepeda motor roda 2 dan roda 3 , karena kisaran harga baru sepeda motor roda tiga di atas 20 jutaan sedangkan sepeda motor roda dua di harga 15 jutaan tergantung tipe dan merk kendaraan. Tetapi di harga bekas kisaran harga yang ditawarkan tidak begitu jauh karena kini dengan 7 jutaan sepeda motor roda tiga dengan kualitas layak masih bisa dimiliki.

       3. Keamanan
Dari sisi keamanan memang tergantung pada penggunanya tetapi di lihat dari beban yang ditupang sepeda motor roda tiga lebih tepat di gunakan karena sepeda motor tersebut di khususkan untuk niaga sehingga mampu membawa beban dari 200 kg hingga 1 ton yang setara dengan mobil ( tergantung merk,  tipe dan cc) jadi aman untuk beban berat. Sedangkan sepeda motor roda 2 sebenarnya adalah alat transportasi penumpang yang beban maksimal hanya sekitar 150 kg sehingga apa bila di gunakan beban lebih dari itu memang mampu tapi dengan melebihi dari kapasitasnya berarti sistem keananan sudah tidak sesuai standar yang sewaktu - waktu bisa terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

      4. Daya muat / daya angkut
Jelas banget untuk daya muat lebih unggul karena memang di produksinya sepeda motor roda tiga untuk angkutan niaga bahkan seperti disinggung diatas bahwa akhir - akhir ini muncul dengan 300 cc dengan daya muat 1 ton yang setara dengan mobil pick up. Sedangkan sepeda motor roda dua pada hakekatnya bukan ditujukan untuk angkutan barang melainkan angkutan penumpang.

      5. Biaya perawatan
Biaya perawatan tak jauh beda antara keduanya.

      6. Biaya perbaikan
Biaya perbaikan sangat hampir sama hanya mungkin ketika sudah menyangkut berhubungan dengan body dan kaki baru sedikit lebih mahal di sepeda motor roda tiga.

      7. SIM
Tidak berbeda dengan roda dua,  karena kita juga masih menggunakan helm. Masih jarang disini Sepeda Motor Roda 3 dengan kabin. Seandainya ada mungkin akan laris manis di pasaran Indonesia.

      8. Masih terpapar panas mataharidan hujan

Di Indonesia sepeda motor roda tiga niaga dengan kabin depan yang mirip mobil secara full masih belum ada sehingga paparan panas matahari dan hujan masih harus dialami.

      9. Kenyamanan saat membawa beban

Untuk kenyamanan jelas lebih nyaman dengan sepeda motor roda tiga karena selalu terkendali. Sedangkan jika memakai sepeda roda dua saat di tanjakan ataupun di kemacetan harus terus menjaga keseimbangan agar tidak oleng. Jika rerjadi bocor ban harus menurunkan barang bawaan dulu baru di perbaiki. Sedangkan sepeda motor roda tiga dapat diganti layaknya mobil tanpa harus repot menurunkan muatan.

       10. Kecepatan
Untuk kecepatan jelas sepeda motor roda dua lebih unggul karena sepeda roda tiga adalah mesin roda dua yang di paksa menggerakkan kaki mobil.

        11. Kemudahan Mengendarai
Mungkin sebagian orang menganggap mengendarai sepeda motor roda tiga lebih sulit dari pada sepeda motor roda dua. Itu anggapan yang salah justru lebih mudah sepeda motor roda tiga karena dengan memakai sepeda motor ini kita tidak mungkin terjungkal karena kebesaran gas awal berkendara , tidak ambruk ( tapi logikanya kita mengenal sepeda motor roda dua lebih awal sehingga saat memakai sepeda roda tiga sedikit miring kita otomatis kawatir ambruk layaknya roda dua) , bisa mundur ( kini sepeda motor roda tiga kebanyakan bisa mundur layaknya mobil sehingga dengan beban berat kita dengan mudah putar arah tanpa harus dorong - dorong keberatan.

Jadi dari kesepuluh hal diatas dapat disimpulkan bahwa untuk keperluan angkut barang sepeda motor roda tiga lebih unggul dan untuk keperluan penumpang orang sepeda motor roda dua lebih unggul.

Dari kesimpulan tersebut jika ingin usaha kecil menengah sepeda motor roda tiga menjadi alat transportasi niaga yang lebih tepat.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )