Kecurangan Penjual Cabai Saat harga Cabai Tinggi



Pasar sayur muntilan memang pusatnya jual beli sayur mayur aneka rupa dengan kwalitas istimewa. Karena sayur mayur di sini baru dan terdapat kelas masing masing berdasar kwalitas.


Akhir - akhir ini memang harga cabai rawit mengalami peningkatan di pasar sayur muntilan pada kisaran 30 ribuan hingga angka tertinggi 70 ribuan.
Ditengah tengah harga yang melambung banyak sekali kecurangan kecurangan yang merugikan baik pembeli dan penjual itu sendiri.



Kecurangan terjadi karena ketidak jujuran dan juga ingin mendapat keuntungan banyak dengan berbuat yang tidak selayaknya. Kecurangan yang sering terjadi tetapi masih ada toleransinya yaitu rawit merah dengan di oplos dengan rawit putih akan lebih baik jika dicampur secara merata jadi kwalitas dengan campuran rawit putih dapat di ketahui sang pembeli. Yang sangat mengejutkan adalah di dalam rawit merah yang nampak cantik namun di dalamnya terdapat rawit putih segenggam atau dua genggam. Ada pula kecurangan karena timbangan , disini terjadi karena error alat atau error penjual. Biasanya rawitmerah di pasar sayur muntilan di kemas dalam plastik seberat 5 kg tapi akhir - akhir ini banyak bermunculan dengan ukuran 4,7 kg dalam jumlah banyak.

Itulah fenomenal yang terjadi di Pasar Sayur Muntilan karena naiknya harga rawit merah.

Pasar Sayur Muntilan malam ini di viralkan pagi dengan harga pepaya setara dengan harga rawit merah yang harganya 30 ribuan. Dapat kita ketahui bahwa harga pasaran pepaya kalifornia dengan harga rata rata sekitar 3 ribuan tetapi malam ini seorang pedagang kios membeli pepaya dengan harga 30 ribuan satu biji dengan berat 1 kilo gram.

Sungguh sebuah kecurangan yang sangat memprihatinkan karena di saat harga rawit yang agak menurun di kosaran 30 ribuan ada seorang oknum entah pedang atau dari pembeli memasukkan sebuah pepaya mengkel dengan berat sekitar 1 kg kedalam sebungkus cabai rawit merah kemasan 5 kg. Dari hal tersebut di duga kesengajaan bukan sekedar kebetulan. 



Mbah Jubaidah adalah korban dari kecurangan tersebut. Semoga kecurangan ini menjadi perhatian buat kita semua sebagai pedagang. Marilah berbuat jujur karena itu adalah tempat mencari makan kita.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )