Harga Boncis Anjlok di Pasar Sayur Muntilan

Boncis adalah sejenis sayuran kacang - kacangan yang biasa di sayur tumis maupun di rebus. Boncis adalah sayuran yang berumur sekitar 40 hari panen.
Ada beberapa jenis boncis yang biasa ada di pasar sayur muntilan. Jenis boncis tersebut adalah Boncis lebat ( boncis yang warnanya keputihan , boncisnya lemes dan panjang hanya sekitar 12 cm s/d 15 cm , seperti gambar di atas adalah boncis lebat ), selain boncis lebat ada boncis krisna adalah boncis yang hampir seperti boncis lebat yaitu tekstur boncis dan warna boncis tetapi panjang boncis bisa mencapai 25 cm , ada pula boncis hijau boncis ini mirip dengan boncis lainnya tetapi boncis ini warnanya hijau di pasar biasanya harganya lebih murah saat boncis lebat banyak akan tetapi boncis ini juga terkadang harga setara tergantung peminat dan juga kualitas barang , dan yang terakhir adalah boncis perancis yang lain dari pada yang lain boncis ini pohonnya tidak seperti boncis lain karena tanaman ini yg hampir mirip dengan kedelai tapi buahnya seperti boncis dengan warna hijau dan ukuran lebih kecil ( separo dari boncis lain ) untuk panjang hampir sama dengan  boncis lebat tetapi bila dirasakan boncis ini agak berbulu. Boncis prancis tidak begitu di kenal di kalangan pedagang dan juga konsumen.

Harga boncis jarang sekali mengalami ke anjlokan karena hampir rata rata harga mencapai 5.000 hingga 12.000 di konsumen. Efek virus corona membuat perekonomian di semua kalangan melemah sehingga daya beli menurun. New normal adalah harapan terbesar stabilitas ekonomi namun new normal juga tidak jadi jaminan instan stabilitas perekonomian.

Harga boncis terkini pasar muntilan di pertengahan Juni 2020 memang sangat memprihatinkan yaitu hanya Rp.1000,- untuk kualitas istimewa. Itu juga penjualan sangat sulit apalagi boncis dengan kualitas di bawah standar tak jarang yang di bawa pulang kembali bshkan menjadi santapan ternak dirumah. Karena saat murah seperti ini walapun dijual dengan harga Rp.500,- per kg tak banyak pembeli yang minat. 
Tetapi bisa jadi kalau harga boncis telah mencapai harga klimaks yang hampir tidak laku di pasar dalam jangka waktu seminggu atau 2 minggu lagi harga akan kembali ke harga standar meningkat di karenakan para petani akan memvabat habis  tanaman boncis dan berakibat boncis di pasaran menurun. Dengan boncis di pasar menurun maka permintaan kembali ada bahkan akan meningkat dan harga kembali meningkat. Inilah siklus pasar yaitu permintaan sebanding dengan harga jadi permuntaan meningkat maka harga meningkat.

Demikian artikel dari saya mengenai harga boncis semoga bermanfaat buat teman - teman semua.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )