Tradisi Wiwitan saat menjelng panen padi , Di telan jaman!!!

Jaman telah berubah keadaan telah berpindah inilah reformasi kehidupan dalam dunia kemajaan. Teknologi juga turut membaur dalam dunia pertanian sehingga tradisional mulai tersingkir dalam hitungan waktu.     
 
   
 
Sebuah tradisi yang akrab dalam dunia pertanian yaitu wiwitan. Yang sebagian petani sudah lebur adapula satu diantara satu dusun masih menggunakan walaupun tak sekomplit seperti dulu.                         
                                                  
Wiwitan adalah suatu tradisi yg di lakukan oleh para petani untuk memulai masa panen & memulai menanam padi. Tradisi ini merupakan suatu persembahan dan rasa syukur pada Bumi sebagai sedulur sikep dan juga Dewi Sri sebagai Dewi kemakmuran serta kesuburan.                                                                 
Wiwitan berasal dr kata.. " Wiwit" bahasa jawa yang berarti "mulai" jadi dalam tradisi ini adalah ritual memulai baik (wiwit tandur) mulai menanam padi dan (wiwit panen) mulai memanen padi. Dalam tradisi Wiwitan berbagai macam sesaji / sajen di persiapkan yg diantaranya berupa Nasi tumpeng, sambal goreng, srundeng, gereh pethek, sego megono , ingkung pitik ,kacang gleyor santan, dan endok godok selain itu jg ada cok bakal, kembang setaman dan air kendhi. Setelah semua siap semuanya di bawa keswah dan dengan di pimpin oleh seseorang yang ahli wiwit ditempat para petani berkumpul dan berdoa khusuk untk memulai ritual wiwitan.                                   
                                                                            
Tradisi Wiwitan pada dasarnya adalah wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta yang telah memberikan hasil panen yg melimpah serta sebagai pengharapan di mulai masa tanam padi agar padi yg di tanam tumbuh dengan subur dan terbebas dari segala macam hama sehingga selamat sampai masa panen nanti sehingga hasil tanam melimpah banyak. Semoga tradisi warisan leluhur ini tetap bisa lestari seiring berjalanya waktu sehingga akan terwujud harmonisasi manusia dengan Alam Semesta ( bumi seisinya ).

Hargailah setiap tradisi yang ada di muka bumi ini dan jangan menganggap benar dengan apa yang kita lakukan.                                      
                                                                            

Comments

michelle said…
Izin promo ya Admin^^
bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
add Whatshapp : +85515373217 ^_~

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )