Stasiun Kereta Api Muntilan Magelang Jawa Tengah

Apakah di Muntilan Pernah ada Stasion Kereta Api?

Tentu saja jawabannya ada di sini!
Wacana pengaktifan kembali jalur kereta api Muntilan Magelang adalah suatu wacana bahwa pernah ada jalur kereta api sebelumnya.

Jalur kereta api Magelang Muntilan Yogyakarta hingga saat ini masih ada namun jalur jalur tersebut kini telah berdiri beberapa bangunan dan rumah diatasnya.

Stasiun Muntilan adalah stasiun kereta api nonaktif kelas II yang berada di Kec. Muntilan, Kab. Magelang yang sekarang menjadi terminal bus Drs Prajitno Muntilan . Stasiun yang terletak di Jalan Pemuda ini terletak di Daerah Operasi VI Yogyakarta. Stasiun Muntilan dibangun pada tahun 1898 dan ditutup oleh Perusahaan Jawatan Kereta Api pada tahun 1976.

Stasiun ini yang dulu di buka pada tanggal 1 Juli 1898 dibangun sebagai bagian dari jalur kereta api Yogyakarta–Magelang oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NIS).

Memasuki tahun 1970, Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) terus merugi karena penumpang di stasiun ini menurun drastis disebabkan karena kereta api saat itu berjalan dengan kecepatan sangat pelan. Mereka lebih memilih menggunakan moda transportasi lain seperti bus, mobil, dan lain-lainnya.

 
Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) terpaksa menutup jalur ini pada tahun 1976.

Penutupan ini juga dilakukan menyusul letusan Gunung Merapi pada tahun 1972 hingga 1976 yang menyebabkan banjir lahar dingin serta menyebabkan terputusnya Jembatan Krasak pada tahun 1975.


Kini bekas Stasiun Muntilan telah berubah menjadi sebuah terminal bus, yakni Terminal Bus Drs. Prajitno. Pernah ada wacana untuk mengaktifkan stasiun-stasiun dan jalur ini, tetapi hal ini tak pernah terealisasi oleh pemerintah pusat dan karena adanya pelebaran jalan raya Yogyakarta-Magelang. Bangunan asli stasiun ini sudah dirobohkan dan diganti dengan area komersial. Di sisi selatan emplasemen yang kini telah berubah menjadi lajur bus terdapat Kios PJKA Muntilan. Tanahnya masih dikuasai oleh PT KAI dan disewakan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang.

Comments

Tritanium Phone Case and Blade - Etian Arts
Tritanium Phone titanium earrings for sensitive ears Case and Blade This case is designed to make you titanium cost feel at home with babyliss nano titanium a 개집 왕 padded and comfortable pad. medical grade titanium earrings There is also a custom case and blade

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )