Buruh harus tahu sejarah singkat May Day

Setiap 1 mei selalu di peringati sebagai Hari Buruh Sedunia ( May Day ). Aksi demonstrasi buruh untuk menyampaikan aspirasi buruh ke pusat - pusat pemerintahan dilakukan aliansi buruh dibeberapa daerah di Indonesia bahkan di Dunia.

May Day di peringati buruh seluruh dunia sebagai rasa hormat atau menghormati tewasnya banyak buruh di Haymarket pada tahun 1886.

Sebagai buruh yang berbudi pekerti dan punya jiwa terima kasih kepada para pejuang buruh yang merelakan nyawa sebagai taruhannya pada tahun 1880an , dan demi perjuanan mereka pula buruh bekerja saat ini hanya 8 jam kerja perhari sedangkan pada saat itu buruh harus bekerja 12 jam bahkan 20 jam. Hampir seluruh waktu dalam sehari digunakan untuk bekerja.

Mengulas sedikit tentang sejarah MAY DAY.
Pada tahun 1886 kurang lebih sebanyak 400 buruh di Amerika Serikat menggelar aksi demonstrasi untuk mengurangi jam kerja yang hingga mencapai 20 jam kerja sehari , sedangkan sehari hanya 24 jam , hampir seluruh waktu untuk bekerja dan hanya 4 jam yang digunakan untuk istirahat.

Aksi demonstrasi tersebut berlangsung cukup lama karena hingga selama 4 hari hingga tanggal 4 Mei 1886.

Polisi AS melakukan penembakan untuk menghalau agar aksi demonstrasi ini terhenti karena telah merasa kwalahan menghadapi aksi demonstrasi saat itu. Penembakan polisi AS terhadap para aksi demonstran ini mengakibatkan puluhan bahkan ratusan buruh yang ikut demonstrasi tewas terkena timah panas yang diluncurkan polisi AS.
Bahkan yang turut mengenaskan pemimpin gerakan demontrasi tersebut akhirnya ditangkap dan dihukum mati.

Konggres sosialis yang digelar di Paris pada Juli 1889 menetapkan tanggal 1 Mei sebagai Hari Buruh Sedunia ( May Day ) untuk menghormati para buruh yang tewas dalam aksi demonstrasi saat itu.

Hal ini memperkuat keputusan konggres buruh internasional yang berlangsung di Jenewa tahun 1886 yang merupakan konggres pertama dari konggres buruh internasional dan menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam kerja sebagai perjuangan resmi buruh sedunia dan tanggal 1 mei dijadikan hari buruh sedunia.

Sebagai buruh yang telah menikmati 8 jam kerja selama sehari harus tetap selalu memperingati may day ( hari buruh sedunia ) sebagai wujud rasa hormat dan terima kasih atas perjuangan para buruh pada masa itu.


Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )