Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Pasar Manuk atau dalam bahasa Indonesia yaitu Pasar Burung. Pasar burung berada di sebelah Terminal Muntilan. Tepatnya di desa Pucungrejo,  Kecamatan Muntilan,  Magelang,  Jawa Tengah. Pasar ini letaknya tidak jauh dari Pasar Sayur Muntilan hanya sekitar 200 meter yang harus menyebrangi jalan pemuda terlebih dahulu dan melewati Terminal Muntilan.



Pasar Burung Muntilan memiliki hari pasaran yaitu hampir sama dengan pasar hewan Muntilan dan juga Pasar Talun Dukun yaitu Kliwon , dihari pasaran ini kondisi pasar akan sangat ramai tetapi ada hari pasaran yang lain selain kliwon yaitu hari pasaran pon.
Sebenarnya di pasar burung ini setiap hari selalu buka hanya tidak seramai hari pasaran tersebut.



Pasar Burung Muntilan adalah pasar burung yang tidak hanya burung saja yang di jual disini melainkan banyak sekali yang bisa didapatkan di pasar ini. Pasar burung juga disebut sebagai pasar klitikan karena disini kita bisa dapatkan barang klitikan ( barang bekas) yang madih dapat kita fungsikan lagi.

Pasar Burung Muntilan di hari pasaran kliwon dan pon yang mayoritas pengunjungnya adalah laki - laki dari anak sekolah,  dewasa,  setengah baya hingga kakek - kakek. Di hari pasaran berbagai burung dan unggas bisa kita dapatkan dengan mudah dari yang berharga murah sampai yang mahal tetapi jika anda ingin burung atau unggas yang berkualitas sebaiknya anda tahu dan mengenal apa yang anda cari atau mengajak seseorang yang sudah berpengalaman jangan sampai anda tertipu. Sedikit saran pasar ini adalah pasar tradisional yang menjunjung tinggi bahwa pembeli adalah raja sehingga jika anda ingin membeli usahakan untuk menawar sewajarnya. Selain unggas dan burung adapula perlengkapan dan keranjang unggas selain itu juga berbagai pakan burung dan unggas bisa di dapatkan setiap hari disini seperti jagung,  jewawut,  beras merah,  jangkrik,  pisang dan lain sebagainya. 

Ada juga di pasar ini toko mebel kayu yang berupa almari,  meja dan kursi yang lengkap.
Selain dari pada itu barang - barang klitikan sangan bervariatif karena untuk anda kolektor barang antik atau uang jaman dahulu disini bisa di dapat dengan harga terjangkau. Selain barang - barang antik ada juga berbagai pakaian baru maupun bekas di jajakkan disini. Terkadang ada hal yang kadang aneh untuk dinalar adalah ketika ada sepatu atau sandal yang sudah sangat usang masih di jajakkan disini , coba bayangkan apakah sudi jika pacar anda atau istri anda dibelikan seperti itu sebagai bentuk kasih sayang anda sedangkan barang baru dengan harga murah kini sudah meraja lela.




Adapula barang - barang elektronik bisa di dapat di pasar ini dalam kondisi baru,  bekas tapi masih berfungsi maupun rusak ( untuk tukang service ini sangat bermanfaat karena harga sangat murah tetapi kadang masih bisa di service kadang juga di kanibal dengan yang lain). Dan masih banyak lagi yang di jajakan di sini diantaranya hand phone,  peralatan otomotif, macam - macam sepeda anak maupun dewasa,  kompor gas,  tabung gas,  pohon buah,  sampai hewan peliharan kecil seperti kelinci,  tupai,  hamter,  monyet,  dll.

Ada sedikit tips tambahan bagi anda yang mudah tergiur dengan barang murah dan sepertinya berkualitas di Pasar Burung Muntilan banyak trik - trik pedagang yang lihai mengatraksikan barang dagangannya sehingga saat anda beli barang itu tidak sama dengan yang di atraksikan tadi.

Di bulan -bulan puasa menjelang hari raya lebaran atau Idul Fitri tempat ini akan selalu ramai di setiap harinya. Di saat hari raya kurang dua hari anda diharapkan lebih berhati - hati dengan dompot atau bawaan anda karena di mungkinkan banyak copet yang berkeliaran yang cara kerjanya berkelompok bukan individual. Jadi lebih baik waspada dari pada menyesal setelah kejadian.

Selain sebagai tempat jual beli , Pasar Burung Muntilan juga terkadang kala di ramaikan dengan lomba sejenis kicau burung maupun balap merpati.

Pasar Burung Muntilan  di sini memang pasar tradisional yang cukup unik dan menarik untuk kunjungan anda atau bagi kolektor barang - barang antik.

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )