Apa Itu SEO? Pengertian, Manfaat, Sejarah Singkat SEO

Sebelum membahas tentang SEO sebenarnya SEO digunakan didalam pembuatan  blog.  Apa itu blog?  (baca disini).

Platform bisa gunakan yang gratis di blogger.com

Banyak yang terkenal karena blognya ( 9 langkah menjadi blogger terkenal klik disini

Apa Itu SEO???

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimation atau bisa dikatakan Optimasi Mesin Pencari.

Pengertian SEO adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan mekanisme kerja atau algoritme mesin pencari tersebut.

👉 Ok cari gampang dan mudahnya menjabarkan pengertian dari SEO yaitu suatu tehnik atau cara untuk memposisikan agar halaman web / blog berada pada halaman / posisi pertama dimesin pencari ( search engine) tersebut dengan keyword yang ditargetkan ( google,  Bing,  Yahoo). 

👉 Yang intinya mengoptimalkan suatu halaman web / blog agar berada pada halaman / posisi pertama di search enginr dengan kata kunci yang ditargetkan.
Dari ketiga pengertian SEO diatas memiliki persamaan arti namun sedikit beda penjabaran agar memudahkan dalam memahaminya saja.

Tujuan dari SEO adalah menempatkan / memposisikan halaman   web / blog pada rangking teratas / posisi teratas atau setidaknya dihalaman pertama ( posisi / rangking pertama sampai rangking 10 ) pada hasil pencarian berdasarkan keyword / kata kunci tertentu yang ditargetkan. Dengan posisi pertama / halaman pertama besar kemungkinan akan mendapat peluang lebih besar visitor atau pengunjung sehingga trafik meningkat.

Apa SEO bermanfaat?

Tentu SEO memiliki beberapa manfaat!

Manfaat SEO adalah :

👉 1. Medapatkan trafik visitor meningkat.

👍 Dengan teknik SEO dan dengan berjalannya waktu apabila posisi halaman web / blog di urutan pertama / halaman pertama besar kemungkinan akan banyak visitor atau pengunjung yang mampir ke halaman web / blog tersebut sehingga trafik tentu meningkat secara signifikan.
Tetapi tergantung dari keyword yang ditargetkan pula dan hasil dari data hasil pencarian dari google planer.

👉 2. Meningkatnya peluang transaksi.

👍 Dalam hal ini halaman web / blog yang dibuat berupa promosi suatu barang ( penjualan online)  maka dengan visitor yang banyak / karya yang menarik besar kemungkinan akan banyak pembeli yang membeli barang tersebut. Apa mungkin dari 1.000 pengunjung tidak ada satupun yang tertarik untuk mencoba membeli ( ini gambaranya saja).

👉 3. Meningkatkan Sumber Penghasilan.

👍 Sangatlah luar biasa SEO,  dengan visitor yang besar kemungkinan akan mudah mendaftarkan halaman web / blog ke biro iklan sehingga dapat memasang iklan didalamnya. Dengan iklan halaman web / blog akan menjadi sumber penghasilan baru.

👉 4. Meningkat Pamor / Popularitas Penulis.

👍 Sangatlah jelas banget jika ingin menjadi blogger terkenal tentu harus memiliki trafik visitor yang tinggi sehingga banyak visitor yang akan mengenal lewat profil dari halaman blog / web yang dibuat. Buktikan kalau tidak percaya.

👉 5. Mempertahankan posisi dengan persaingan blog yang baru muncul.

👌 Sangatlah jelas,  perkembangan munculnya blogger baru dengan halaman blog / web yang telah mahir dengan tehnik SEO akan mudah menggeser posisi - posisi pertama / halaman pertama pada mesin pencari pada keyword tertarget ke posisi dibawahnya atau halaman berikutnya. Dengan mendapat posisi di rangking  pertama apabila tergeser setidaknya masih berada di halaman pertama.

Dasar SEO adalah ilmu yang paling dasar menerapkan SEO.

Dasar dari SEO hanya ada dua yaitu On Page dan Off Page.
On Page adalah teknik pengoptimalan yang dilakukan di dalam halaman web / blog itu sendiri. Seperti title tag  yaitu secara gampangnya mengulang judul di halaman dengan huruf tebal yang selanjutnya disambung dengan penjelasannya ( bahasa penulis ini).
Lalu untuk off page adalah mengoptimalkan yang dilakukan di luar sistem itu sendiri ( melalui promosi di media lain).

Sejarah Singkat SEO

SEO ( Search Engine Optimazation)  dari pengembangan internet ( World Wide Web)  dan mesin pencari.
Mesin pencari adalah mesin yang sudah dirancang  untuk melakukan pencarian dengan menggunakan bahasa sehari - hari manusia ( bisa dikatakan bahasa alami) yang memiliki relevansi ( tingkat relevan)  hasil yang signifikan. Tentu tujuannya adalah agar hasil penjualan yang lebih baik dapat diperolek oleh pemiliknya.
Co - founder Search Engine Land yang bernama Danny Sullivan pada bulan April tahun 1996 mempublikasikan penelitian tentang mesin pencari  yang kemudian lebih dikenal dengan A Webmaster's Guide to Search Engines.
Dari situ dan semenjak itu Danny Sullivan menjadi populer dan dianggap sebagai pioner SEO. Pada Juni 1997 Danny Sullivan membuat Website Search Engine Watch yang banyak mengulas tips - tips tentang cara untuk mendapatkan hasil optimal pada mesin pencari.

Demikian ulasan tentang SEO,  jangan pernah berhenti untuk belajar. Kesalahan itu biasa tetapi berusaha memperbaiki baru luar biasa.

Apa isi hatimu
Maka itulah sikapmu
Apa isi pikiranmu
Maka seperti itulah responmu

 apa itu SEO? Pengertian, Manfaat, Sejarah Singkat SEO

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )