Pasar Talun di Kec. Dukun Magelang

Pasar Talun Dukun  , ๐Ÿ‘‰  berada di kawasan barat dari puncak gunung Merapi ๐ŸŒ‹ lebih tepatnya di ๐Ÿ‘‰ Talun,  Desa Banyudono,  Kecamatan Dukun, Kab. Magelang,  Jawa Tengah Indonesia 56482. Pasar ini tergolong pasar tradisional yang beroperasi cukup lama dan semakin berkembang dengan berjalannya waktu. Lokasi terdekat dari sini adalah 

๐Ÿ‘‰ candi asu,


Pasar talun adalah pasar tradisional diwilayah Dukun yang menampung sekitar 633 pedagang yang terdiri dari 123 bangunan kios dan 510 los menurut Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar setempat ( tahun 2012 ). Pedagang berasal dari wilayah kec. Dukun,  Kec. Muntilan,  Kec Sawangan bahkan Srumbung dan sekitarnya.
Pasar Talun tergolong pasar tradisional yang cukup luas karena dengan luas yang mencapai 9.976 Meter Persegi hampir 10 hektar.

Pasar Talun pernah terjadi kurang lebih dua kali kebakaran namun kebakaran terbesar pada hari senin siang  tanggal 3 Maret 2012 kurang lebih pukul 13.40 WIB. kebakaran ini menghanguskan ratusan los serta beberapa kios. Yang dahsyat  lagi  ditengah pasar ini terdapat pohon beringin yang banyak di viralkan masyarakat dan juga pedagang setempat berpenghuni jin ๐Ÿ˜ˆ๐Ÿ˜ˆ๐Ÿ˜ˆ bahkan ada yang bilang saat gunung Merapi meletus pohon ini tetap kokoh berdiri dikarenakan tempat berkumpulnya jin penghuni gunung berapi ( tentang kebenaran mitos yang berkembang di pasar talun ini hanya Allah Tuhan yang Maha mengetahui yang tahu) dikuatkan lagi dengan mitos bahwa tidak ada yang sanggup untuk menebang pohon tersebut. Akan tetapi di balik mitos yang viral saat kebakaran dahsyat ini pohon beringin tersebut terbakar sebelah dari batangnya yang besar dan ranting serta daunnya yang rimbun.  Pohon beringin tersebut masih ada sampai saat ini dan masih ada sisa bukti kebakaran Pasar Talun 2012. Dan pohon beringin ini tidak ditebang meskipun sudah terbakar sebagian dan sudah terjadi perbaikan dan pembangunan paska kebakaran.
Kebakaran saat itu mengakibatkan kerugian besar pada banyak pedagang. Saat itu pemerintah kabupaten Magelang mendirikan pasar sementara di Timur pasar Talun demi tetap terus berjalannya pasar sampai Pasar selesai di renovasi dan dibangun kembali. 

Pasar sementara yang digunakan sepagai penampung pasca kebakaran pasar talun kini menjadi pasar eyek ( pasar untuk tempat berbelanja penjual sayur keliling). Pasar Eyek Talun yang beroprasi dari sekitar jam 02.30 WIB sampai jam 07.00 WIB dan diluarnya digunakan sebagai pasar Sayur yang beroperasi sekitar jam 06.00 WIB - 08.30 WIB.

Pasar Talun awalnya ramai di hari pasaran pahing dan kliwon dan di jam pagi sampai jam 10 -an tapi dengan berjalannya waktu kini pasar tersebut beroperasi  setiap hari dari jam 05.00 dini hari hingga jam 17.00 WIB.

Dipasar Talun semakin berkembang,  sekarang kita dapat mendapatkan apa yang kita cari seperti Ayam ๐Ÿ” ๐Ÿ“ (hidup atau potong) ๐Ÿ— ,  ikan ๐ŸŸ( hidup / mati) , aneka jajanan tradisional๐Ÿฉ ( lontong,  cucur,  apem๐Ÿช,  donat๐Ÿฉ,  gorengan, wungkusan,  gemblong,  cotot , onde - onde ๐Ÿกdll) , aneka keripik / kerupuk (potel,  slondok, jetkolet, upik - upik, kapal terbang / puyer, rempeyek,  legendar / kerupuk nasi sisa dll) aneka buah ( nanas๐Ÿ,  pisang๐ŸŒ,  dondong๐Ÿ‹,  sirsak,  srikaya,  salak, semangka ๐Ÿ‰, apel ๐Ÿ, tomat ๐Ÿ… , anggur ๐Ÿ‡ dll) , aneka sayur๐ŸŒฑ,  aneka sesajen,  aneka alat dapur dan kebutuhan dari bambu,  pakaian ( kaos ๐Ÿ‘•, celana ๐Ÿ‘–, dasi ๐Ÿ‘”, pakauan wanita ๐Ÿ‘š, topi ๐ŸŽฉ, dll) , keperluan sehari - hari,  alas kaki ( sepatu๐Ÿ‘ , sendal๐Ÿ‘ก, sepatu boot ๐Ÿ‘ข, sepatu kantor ๐Ÿ‘ž dll)  keperluan bercocok tanam๐Ÿ”ช, salon ๐ŸŽŽ, furnitur / perlengkapan rumah tangga ( dari plastik,  besi dan kayu) , elektonika⌚ ๐Ÿ”ญ๐Ÿ“  ๐Ÿ“ก ๐ŸŽฎ ๐Ÿ“ท ๐ŸŽน, keperluan ternak๐Ÿ• ๐Ÿค ๐Ÿฆ ๐Ÿ„ ๐Ÿƒ ๐Ÿด  ๐Ÿ‘ ๐Ÿ๐Ÿˆ,  outlet - outlet pulsa๐Ÿ“ฑ๐Ÿ“ฒ, material bangunan ๐Ÿก , aneka kuliner siap hidang ๐Ÿฑ ๐Ÿš ๐Ÿ› ๐Ÿ” ( bakso , soto, rames dll) dll yang sudah sangat komplit.

Pasar Talun lumayan lengkap seperti pasar - pasar tradisional lainnya. Dengan semakin bertambahnya pedagang kini pasar talun semakin diperluas hingga maju kedepan yang dulunya sebagai tempat parkir mobil angkutan kini di jadikan tempat penjualan los. Dan dengan bertambahnya pedagang yang ingin menjajakan dagangannya di pasar Talun hungga banyak pedagang yang menggelar di luar pasar tersebut.

Demikian ulasan pasar Talun yang berada di kecamatan Dukun. Mari kawan ramaikan daerah kita sendiri dengan memublikasikan tempat - tempat yang berada di daerah sendiri. Blogger yang baik bukanlah blogger yang hanya bisa menghasilkan uang karena hasil tulisannya dikunjungi banyak pembaca. Tetapi juga seorang yang mampu memajukan / meramaikan / memperbaiki citra daerahnya sendiri walau hanya dengan tulisannya.

Terima kasih telah berkunjung di Pasar Talun Dukun semoga bermanfaat.




Gambar.Pasar Talun tahun 1931 an


Gambar. Pasar Talun saat Kebakaran 2012



Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )