Candi Asu di kecamatan Dukun Magelang





Candi Asu di Kecamatan Dukun Magelang
Candi Asu adalah salah satu candi hindu yang berada dilereng Gunung Merapi lebih tepatnya di Barat gunung tersebut yaitu Kecamatan Dukun,  Kabupaten Magelang. Beda dengan candi - candi lain sebagai peninggalan sejarah agama Buddha seperti Candi Mendut  dan Candi Borobudur


Gambar: Candi Asu , di Dusun Candi Pos , Desa Sengi , Kecamatan Dukun , Kabupaten Magelang ,
Propinsi Jawa Tengah , Negara Indonesia

Candi Asu merupakan Candi yang digunakan untuk peribadatan agama Hindu dibuktikan dengan keberadaan Nandi atau Lembu. Lembu atau nandi yang dihormati dalam agama hindu karena merupakan kendaraan atau wahana  Dewa Siwa.

Candi Asu yang terletak di Dusun Candi Pos , Kelurahan Sengi , Kecamatan Dukun , Kabupaten Magelang , Propinsi Jawa Tengah. Di dusun ini juga ada candi lain yang letaknya hanya sekitar 50 - 150 meter yaitu Candi Lumbung

Diamati dari arsitekturnya Candi Asu  diberi nama oleh masyarakat sekitar  dikarenakan Arca Nandi yang telah aus tersebut terlihat seperti Anjing ( anjing dalam bahasa jawa adalah Asu ) karena area Candi Asu yang menggunakan bahasa Jawa ( wong jowo ).

Tahun berdiri Candi Asu  dapat diketahui dari Prasasti  Sri Manggala II  , Kurambitan I dan Kurambitan II berangka tahun 880 M yaitu abat ke IX. Pada masa itu Kerajaan Mataram Kuno diperintah oleh Rakai Kayuwangi Dyah Lokapala.

Lokasi Candi Lumbung dan lokasi Candi Asu tidak terlalu jauh hanya sekitar 500 meter sampai 1 KM.

Cara berkunjung Ke Candi Asu

Jika anda dari Magelang dari atau Yogyakarta anda bisa menuju arah Blabak atau Muntilan. Jika arah anda Blabak silahkan anda ambil yang menuju arah Tlatar Kecamatan Sawangan,  setelah sampai pertigaan Tlatar silahkan anda pilih jalur ke kiri dan dari situ sekitar 750 meter anda akan menemukan candi ini setelah mekrasak / menyebrangi  sungai ,dari sini candi berada di sebelah kiri jalan.

Jika Anda dari Terminal Muntilan maka anda harus mengambil arah yang ke arah Pasar Talun Dukun,  dari situ anda harus belok ke arah Sayangan Muntilan dengan melewati jalan raya Muntilan - Talun. Sesampai  di Pasar Talun silahkan anda terus mengikuti jalan yang menuju arah Pasar Soko. Dari Pasar Soko anda terus naik sedikit kurang lebih 750 meter dari pasar ini dan posisi candi di sebelah kanan jalan untuk dari jalur ini.

Untuk memasuki candi anda akan dimanjakan dengan indah dan sejuknya suasana pegunungan lereng Gunung Merapi. Dan ada pemandangan lain yaitu aktifitas warga sekitar yang mayoritas petani sedang bercocok tanam di area sekitar candi. Adapun hal yang perlu disiapkan adalah jajanan sendiri karena disini tidak ada penjual makanan pengganjal perut serta mohon jagalah kebersihan lingkungan. Lalu untuk masuk ke lokasi ini anda harus merogoh uang saku yang sangatlah geratis tertapi anda diwajibkan mempromosikan kepada orang lain.

Adapun candi yang terdekat berjarak sekitar 50 - 150 meter adalah Candi Pendem dan  berjarak ada 500 meter - 1 kilometer yaitu Candi Lumbung.

Selamat membaca dan berkunjung ke candi asu

Gambar : Candi Asu dari belakang


Gambar : Di tengah Candi Asu yg kemungkinan untuk menaruh persembahan peribadatan , menurut asumsi saya. Di Lumbung Pun Sama ada lobang seperti ini di dalamnya.

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )