Pasar Soko di Sewukan ,Dukun , Magelang


Di area Gunung merapi adalah daerah yang sangat subur disini banyak sekali ditemakan banyak tanaman sayur - mayur dan palawija. Di sebelah barat gunung adalah Magelang yang terdiri dari Kecamatan Sawangan,  Kecamatan Dukun dan Juga Kecamatan Srumbung yang terdapat beberapa pasar  baik pasar sayur maupun pasar tradisional yang cukup besar. Pasar sayur seperti Pasar Soko dan Pasar Sayur Muntilan. Sedangkan pasar tradisional seperti Pasar Srumbung,  Pasar Blabak,  Pasar Talun dan Pasar Muntilan.

Pasar Soko berlokasi di dusun Soko,
  Sewukan,  Dukun,  Magelang adalah pasar sayur yang beroperasi dari sekitar jam 09.00 WIB sampai sekitar jam 14.30 WIB berbeda dengan Pasar Sayur Muntilan yang beroperasi Sekitar 20 jam per hari.




Pasar Soko lebih di kenal dengan pasar tani karena di sini petani bisa langsung menjual hasil taninya kepada pedagang yang membeli langsung walaupun  ada juga pedagang pengepul yang berjualan di sini.  Memang sangat berbeda dengan pasar sayur lain seperti Pasar Sayur Muntilan dimana transaksi jual beli lebih dari pedagang ke pedagang.



Di pasar ini lebih ke penjualan gebokan ( kondisi dari sawah yang masih dalam jumlah banyak yaitu karungan,  kranjangan atau ikatan utuh)  dan ini pula yang berbeda dengan Pasar Sayur Muntilan. Berbeda dengan Pasar Sayur Muntilan barang yang di jual sudah dalam kemasan  - kemasan standar 10 kg atau 5 kg yang sudah melalui proses sempling ataupun proses sortir jadi jika menginginkan barang berkualitas atau barang no good sudah tersedia bukan barang no good masuk ke barang good. Walaupun ada sebagian pedagang nakal yang melakukan hal tersebut.

Di Pasar Soko berbagai sayuran segar bisa di dapatkan dengan kualitas terjamin. Tapi untuk sawi bakso di sini ada sedikit tips yaitu harus berhati - hati karena biasanya sayuran ini akan mudah busuk di karenakan pemetikannya yang terlalu pagi dan air embun masih membasahi yang membuat sayur tersebut mudah busuk. Sebaiknya jika ingin berbelanja atau membeli barang gebokan yaitu membelilah pada pedagang atau petani yang sudah anda kenal dan anda percayai kebenaran kualitasnya sehingga tidak mengalami kerugian di kemudian hari. Aneka cabai juga dijual di sini berbagai kualitas dan juga varientasi,  jadi segala sesuatu tergantung anda dan jangan sampai tergiur dengan harga murah karena harga murah biasanya berdampak pada kualitas atau barang restand atau barang balik yang belum terjual kemarin.

Pasar Soko akan beralih fungsi saat dini hari,  menjadi pasar eyek. Pedagang Eyek atau sayur keliling semakin hari semakin menjamur karena keuntungan besar sedang modal terjangkau. Kini pasar eyek terjadi hampir disetiap pasar termasuk Pasar Soko ini.




Pasar Soko dapat di cari dengan mudah dari Dusun Tlatar hanya berjarak sekitar 1 km,  dari Candi Asu hanya sekitar 500 meter,  dari Candi Pendem juga sekitar 500 meter sedangkan kalau dari Pasar Talun sekitar 2 . 5 km dan untuk dari Terminal Muntilan sekitar 7 km.

Pedagang pembeli rata - rata dari semarang dan boyolali,  walaupun ada dari daerah lain seperti Magelang,  Yogyakarta,  Purworjo,  Solo,  dan lain sebagainya.

Demikian sikilas tentang Pasar Soko sebagai refrensi berbelanja sayur mayur segar yang berkualitas dan istimewa.

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )