Kabupaten Magelang Jawa Tengah ( bangga)

Kabupaten Magelang,  Propinsi Jawa Tengah, Negara Indonesia yang bersemboyan Magelang Gemilang ( gemah ripah iman cemerlang). Selain itu Magelang juga mempunyai slogan di bidang pariwisata The Park Of Java , ajib banget kan!!!. Ada lagi yang joss tenan yaitu julukan Magelang yaitu De Tuin Van java, beah tambah mengglegarkan bukan. Apa sebagai orang Magelang tidak bangga?



Kabupaten Magelang dengan luas 108.573 ha terbagi menjadi 34% sawah,  39% lahan kering dan 27% lahan Pertanian. Untuk ketinggian Magelang diantara 154 - 3296 meter diatas permukaan laut. Dengan Batas wilayah sebelah utara Kabupaten semarang dan Kabupaten Temanggung, sebelah utara Kabupaten Semarang dan Kabupaten Boyolali,  sebelah selatan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kabupaten Purworjo, sebelah barat Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Wonosobo dan di tengah terdapat Kota Magelang.

Kabupaten magelang memiliki tanah yang luas yang terdiri 21 kecamatan dan 372 desa. Kecamatan tersebut adalah Kec. Dukun terdiri dari 15 desa,  Kec. Salaman terdiri dari 20 desa,  Kec. Borobudur terdiri dari 20 desa,  Kec. Ngluar terdiri dari 15 desa, Kec. Salam terdiri dari 12 desa,  Kec. Srumbung terdiri dari 17 desa,  Kec. Muntilan terdiri dari 14 desa,  Kec. Mungkid terdiri dari 15 desa,  Kec. Sawangan terdiri dari 15 desa,  Kec. Candimulyo terdiri dari 19 desa,  Kec. Terdiri dari 13 desa,  Kec. Tempuran terdiri dari 15 desa,  Kec. Kajoran terdiri dari 28 desa,  Kec. Kaliangkrik terdiri dari 20 desa,  Kec. Bandongan terdiri dari 14 desa,  Kec. Windusari terdiri dari 20 desa,  Kec Tegal Tegalrejo terdiri dari 21 desa,  Kec. Pakis terdiri dari 20 desa,  Kec. Grabak terdiri dari 28 desa, dan Kec. Ngablak terdiri dari 16 desa.

Kabupaten Magelang adalah merupakan tanah pertanian yang subur dengan irigasi air yang memadahi karena terdapat sungai besar yaitu sungai Progo dan sungai Bogowonto. Denang hasil yang berlimpah maka banyak pasar yang tersebar sebagai tempat penjualan hasil pertanian seperti Pasar Muntilan,  Pasar Gotong Royong,  Pasar  Sayur Kaliangkrik, Pasar Sayur Muntilan,  Pasar Candimulyo,  Pasar Sayur SokoPasar Talun Dukun,  Pasar Salaman dll.

Seperti slogan Magelang yaitu the Park of java yang mempunyai distinasi tempat pariwisata yang banyak di kunjungi para wisatawan lokal maupun mancanegara,  bahkan ada yang pernah menjadi bagian 7 keajaiban dunia ( WHO)  yaitu Candi Borobudur. Adapun tempat wisata yang juga tak kalah penting dan populer adalah Ketep pas,  Pethuk Setumbu,  Pos Mati,  Candi Mendut, Arum jeram dll. Tempat wisata tersebut yang membuat Magelang semakin berkembang dan tingkat inflansi meningkat dengan baik. Adapun tempat wisata lain yang juga tak kalah menarik tetsebar di wilayah magelang adalah Gunung Tidar Magelang,  Menara Eiffel Sawangan, Spot selfi taman gareng pong,  Gunung Gono Dukun,  candi lumbungcandi asucandi Ngawen candi pendemcandi gunung wukircandi losaricandi pawon, kedung kayang,  monumen bambu runcing , Taman Kyai Langgeng dll

Dari sisi tradisi Magelang masih sangat kental dengan Yogyakarta yang menjunjung tinggi gotong royong dan perkumpulan sehingga banyak terhimpun kesenian - kesenian yang bersifat kelompok seperti topeng ireng,  kobro siswo,  jantilan,  dayakan,  badui,  kuntulan dll. Bahkan di beberapa wilayah pada HUT RI sering di lakukan kirab budaya dengan menampilkan kesenian - kesenian tersebut.

Demikian ulasan tentang Kabupaten Magelang agar menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi yang lahir di wilayah ini.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )