Candi Losari, Di Salam Magelang

Banyaknya candi yang ditemukan di sekitar Magelang membuat semakin banyaknya tempat wisata cagar budaya yang dapat di kunjungi. Candi - candi itu berada di beberapa kecamatan yang tersebar di Kabupaten Magelang seperti Kecamatan Borobudur,  Kecamatan Mungkid,  Kecamatan Dukun,  Kecamatan Grabag dan Kecamatan Salam.
Dari Kecamatan Dukun dapat di lihat adanya Candi Asu,  Candi Pendem dan Candi Kajangkoso.

Sedangkan Candi Borobudur ,Candi Pawon di Kecamatan Borobudur. Kecamatan Mungkid juga punya candi terkenal yaitu Candi Mendut. Disisi lain adalah kecamatan yang memiliki posisi strategis juga terdapat Candi ngawen. Ada pula Kecamatan Salam yang berbatasan dengan yogyakarta juga terdapat Candi Gunung Sari,  Candi Gunung Wukir dan juga Candi Losari.

Ada 15 candi di Magelang  sebagai refrensi kunjungan klik disini.
Dari sekitar 50 candi di Magelang ada candi yang lokasinya sangat menarik karena di sebuah perkebunan salak milik warga dan candi tersebut adalah Candi Losari.

Candi Losari

Candi ini sebenarnya di temukan oleh seorang pahlawan tanpa tanda jasa yaitu Bapak Badri. Beliau adala pengajar dari SMPN 12 Magelang. Ditahun 2002 sebenarnya beliau telah menemukan bebatuan candi ini di tengah perkarangan yang di tanami salak namun kembali Beliau timbun ke dalam tanah. Di tahun 2004 saat akan membuat parit beliau menemukan kembali yang kemudian beliau simpan dirumahnya. Setelah terkumpul lalu beliau susun di depan rumah dan membentuk sebuah candi.


Dan akhirnya di lakukan penggalian karena candi tersebut telah tertimbun material Gunung Merapi, di awal penggalian 2004 dengan kedalaman sekitar  2-3 meter dan di tahun 2007 dilakukan penggalian lagi menjadi kedalaman sedalam 5 meter hingga keseluruhan candi nampak dan kondisi candi masih utuh keseluruhan. Candi terdiri dari 4 candi terdiri dari 1 candi utama dan 3 candi perwara.  Setelah penggalian sedalam itu ternyata ada 3 mata air yang terus mengenangi area kompleks  penggalian candi. Sehingga sepanjang tahun komplek candi akan tergenang air dan akan sedikit surut jika musim kemarau. Genangan air candi memberi keunikan tersendiri di candi ini.



Candi perwara berukuran 183 x183 cm,  dasar candi memiliki ukuran 250 x 250 cm. Dan untuk bilik candi dengan ukuran 97 x 97 cm setinggi 97 cm. Sedang candi ini berpintu selebar 49 cm. Di atas kepala candi memiliki hiasan berupa  kepala kala yang tak bertaring yang lebih unik lagi berambut gimbal. Candi losari sangat menarik kalau stuktur dan ukurannya di lihat secara detail. Karena candi kecil ini dengan ukiran yang masih utuh dengan dinding bermotif tumbuh - tumbuhan berbentuk sulur - sulur yang sangat indah dan elok di pandang mata. Tinggi candi sekitar 3 meter menghadap ke Barat Daya.

Candi losari berada di dusun Losari Desa Salam Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Propensi Jawa Tengan. Untuk mengunjungi candi mungkin agak kesulitan karena lokasi candi yang berada di lahan perkebunan salak. Tetapi sebagai oleh - oleh salak mudah didapatkan disini.

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )