Candi Hindu tertua Di Jawa, Candi Gunung Sari Magelang.

Magelang adalah sebuah kota kecil yang merupakan kota tua di pulau jawa. Magelang memiliki tempat wisata yang sangat banyak yang dapat di kunjungi seperti peninggalan sejarah berupa candi.

Ada sekitar 15 candi Magelang bahkan mungkin lebih selain candi yang mendunia yaitu Candi Borobudur.

Candi - candi di Magelang adalah candi hindu dan candi Budha. Candi - candi budha yang ada di Magelang seperti Candi Borobudur,  Candi Mendut, dan Candi Pawon. Sedangkan candi hindu di Magelang lebih mendominan  seperti Candi Asu,  Candi Lumbung, Candi Kajangkoso,   Candi Pendem,  Candi Gunung Wungkir, Candi Gunung Sari dan lain sebagainya.

Saat ini pembahasan pada Candi Gunung Sari yang merupakan candi Hindu tertua di Magelang yaitu Candi Gunung Sari.

Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari adalah candi Hindu Siwa  yang terletak di Dusun Gunung Sari Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. Candi ini berangka tahun 654 saka atau 732 M yang berarti bahwa candi ini adalah candi tertua hindu yang di perkirakan lebih tua dari pada Candi Gunung Wukir yang berdiri tidak jauh dari candi ini yaitu di Gunung Wukir. Mengenai perkiraan candi ini lebih tua dari Candi Gunung Wukir sebenarnya belum ada bukti atau informasi akurat akan tetapi hanya di lihat dari bentuk candi,  ornamen candi dan juga arsitekturnya.



Candi Gunung Sari adalah candi hindu tertua di Pulau Jawa pada saat didirikan candi ini pada jaman Mataram Tua pada masa Rakai mataram yaitu Sanjaya.
Candi ini di perkirakan sebagai tempat peribadatan hindu dengan adanya temukan arca Mahakala. Dalam panteon hindu ,  Mahakala dikenal sebagai aspek kroda dari Siwa. Selain dari pada itu adanya Yoni tanpa Lingga berada di tengah candi yang memperkuat bahwa ini adalah candi Hindu Siwa.

Adapun yang unik serta menarik dari candi ini adalah adanya banyak ornamen batu berbentuk bulatan kapsul yang menerangkan seni kebudayaan india hindu yang bertahan di lahan yang subur.

Candi ini sangat disayangkan karena dalam kondisi yang  tidak terawat mungkin pemerintah tidak begitu memperhatikan karena sudah adanya Candi Borobudur yang lebih menjadi Ikon Magelang.

Demikian tentang Candi Gunung Sari disini yang dapat di jadikan refrensi kunjungan lain daerah Magelang.

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )