15 Candi Mempesona Yang Bisa Di Kunjungi Di Magelang, Selain Borobudur

Sungguh jadi hal yang heboh dan menggetarkan dunia traveling daerah kecil Magelang bisa juga disebut kota sejuta bunga bahkan layak disebut kota tertua dengan banyak ditemukan warisan budaya berupa candi baik candi budha maupun hindu.

Bagaimana tidak tua karena Magelang lahir pada tanggal 11 April 907 yang memiliki usia 1100 tahun lebih yang mungkin sudah terjadi lebih dari 11 generasi keturunan. Sungguh menakjubkan karena ada 15 candi mempesona yang bisa kamu kunjungi di Magelang, selain Candi Borobudur.

15 candi di Magelang terebut adalah

     1. Candi Borobudur


Candi borobudur adalah candi buddha yang termasuk warisan budaya dunia dibangun sejak sekitar 800an M yang sudah tidak asing lagi di mata wisatawan lokal bahkan wisatawan manca negara. Borobudur juga di gunakan sebagai puncak perayaan hari raya Tri Suci Waisak. Borobudur terletak di desa Borobudur, Kecamatan Borobudur,  Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah.


     2. Candi Mendut


Candi Mendut yang letaknya tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur hanya sekitar 2.5 km sampai 3 km. Sama hal dengan candi borobudur candi mendut juga digunakan untuk prosesi perayaan hari raya Tri Suci Waisak hanya saja sedikit berbeda karena candi ini di gunakan sebagai tempat awal perayaan tersebut. Candi ini berusia hampir sama dengan candi yang mendunia tersebut dan terletak di Desa Mendut.

     3. Candi Pawon



Candi pawon ( pawuan)  yang berarti tempat menyimpan abu yang berusia setara dengan candi budha lain hanya saja sedikit mirip dengan candi hindu yang terdapat hiasan sulur - sulur serta stuktur bangunan yang ramping dan tinggi. Candi ini juga ada sebutan lain yaitu Brajanata. Letak candi tidak terlalu jauh dari Candi Borobudur hanya sekitar 2 km kearah timur dan 1 km ke arah tenggara dari Candi Mendut.

      4. Candi Ngawen



Candi Ngawen letaknya hanya sekitar 5 km dari Candi Mendut. Lebih tepatnya candi ini berada di Desa Ngawen Kecamatan Muntilan Kabupaten Magelang Propinsi Jawa Tengah. Ini juga bagian dari candi budha karena Ngawen juga dulunya adalah hutan bambu seperti apa yang disebutkan dalam prasasti Karang Tengah.

      5.  Candi Asu



Candi Asu,  Asu yang memiliki arti Anjing. Menurut cerita disebut candi Asu karena dahulu di area banyak sekali di temukan anjing diarea ini. Candi ini adalah candi hindu bukan merupakan candi budha. Letak candi berada di sebelah barat Gunung Merapi dan jarak dari candi budha yang mendunia atau Candi Borobudur sekitar 10 - 15 km. Lokasi tepat berada di Dusun Candipos Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

     6. Candi Pendem

Candi ini biasanya disaat musim penghujan akan sedikit tergenang air di dasarnya karena candi ini berada di bawah permukaan tanah sekitarnya. Candi Lumbung tidak jauh dari Candi Asu hanya sekitar 150 meter hanya saja lokasi berada di pematang sawah sehingga lokasinya tidak terlihat dari jalan umum. Candi ini berada sama dengan Candi Asu yaitu Dusun Candipos Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

      7. Candi Kajangkoso

Candi yang belum nampak ini dan baru ditemukan yang kemungkinan candi ini sebesar Candi Borobudur. Tetapi berita ini masih simpang siur tentang besarnya candi tetapi jika benar candi ini sebesar itu akan menambah deretan warisan budaya dunia di Indonesia yaitu Candi hindu terbesar di dunia. Sungguh akan menakjubkan lagi karena Magelang punya banyak hal yang mendunia. Letaknya di Desa Kajangkoso Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang.

      8. Candi Lumbung



Candi ini tak jauh dari Candi Asu,  sekitar 750 - 1000 m dari candi Asu. Candi Lumbung sudah tidak di lokasi aslinya tetapi mengalami pemindahan karena posisi sebenarnya berada di tepi sungai yang rawan longsor dan hanyut. Candi ini berlokasi di Dusun Tlatar Desa Tlatar Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang.

      9. Candi Umbul



Candi Umbul berbeda dengan candi - candi lainnya hanyalah sebuah kolam pemandian air panas. Konon cerita tempat ini adalah tempat pemandian untuk para putri bangsawan. Tempat ini disebut Candi Umbul dikarenakan ada yang " mumbul " ini adalah bahasa Jawa yang berarti naik. Dalam hal ini dikarenakan air di sini berasal dari sumber mata air yang mengandung belerang sehingga hangat dan bergelembung dari dasar kolam. Sangat eronis sekali tempat disini sama sekali tidak berbau belerang meskipun hangat.  Candi ini berada di bagian utara Magelang lebih tepatnya di Desa Kartoharjo Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang.

       10. Candi Retno



Retno yang memiliki arti intan atau indah. Intan identik dengan barang yang berkilau dan indah untuk hiasan. Candi Retno yang bermakna batu indah. Selain itu di area dekat candi ini ada pemandian yang mengalir ke kali Setan tapi Setan disini bukan tempat setan karena orang jawa biasanya sebutan itu ada maknanya mungkin tempat ini adalah tempat yang banyak pembuat lemper ketan yang jika dibeset terdapat ketan di dalamnya tapi hinya perkiraan semata. Bahkan uniknya lagi candi ini berasa di perbatasan dua desa sehingga lokasinya di Desa Setan dan Desa Candirejo.

      11. Candi Sologiri

Candi Sologiri adalah candi hindu pada abat ke 9  yang terdapat relung berhiaskan pahatan  arca Durga,  Ganesha,  Agastya Nandiswara dan juga Mahakala. Candi ini memiliki ketinggian sekitat 740 meter dari permukaan laut. Terletak di Desa Candisari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

      12. Candi Brangkal


Candi ini juga sama halnya dengan candi umbul yang memiliki perbedaan dengan candi - candi lainnya. Candi ini bukan terbuat dari batu andesit melainkan dari batu bata besar. Terletak di desa wisata jadi bagi yang ingin menginap di ruwah penduduk yang menyediakan penyewaan kamar dapat dilakukan. Disini bisa banyak belajar dari aktifitas warga berupa gamelan,  ritual keagamaan dan juga membaur dengan masyarakat.

      13. Candi Gunung wukir 

Candi ini berada di bukit atau gunung wungkir adalah sebuah gunung kecil yang ditumbuhi pohon wukir. Gunung ini disebut juga Shiwalingga dan juga Candi Canggal karena lokasi candi yang berada di Dusun Canggal Desa Kadiluwih Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Disini juga ada mitos yang unik dan menarik bagi yang sedang memadu kasih karena siapa yang datang kesini dengan kekasihnya maka akan menjadi jodohnya. Ayo berlomba - lomba yang sering putus nyambung datang kesini.

     14. Candi Gunung Sari 

Candi hindu yang penemuanya di gunung Sari belum lama ini yaitu sekitar tahun 1998 pada saat sebuah stasion TV yang akan membangun sebuah pemancar. Terletak di Dusun Gunung Sari Desa Gulon Kecamatan Salam Kabupaten Magelang.

     15. Candi Losari

Candi minimalis dengan seukuran kamar yaitu 3 m x 3 m. Candi ini adalah candi hindu yang ditemukan baru - baru ini tahun 2004.

Demikian 15 candi mempesonaMagelang yang menajubkan dan layak dikunjungi.

Terima kasih atas kunjungan anda disini.



Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )