Ketep Pass Magelang, Sajian Khas Dataran Tinggi

Magelang yang letaknya lebih berada di sebelah barat dari Gunung merapi banyak sekali menyumbangkan destinasi wisata bagi Jawa Tengah. Sebuah gardu pandang yang luar biasa yang dinamakan KetepPasss. Ketep Pas memberikan panorama yang menabjubkan untuk di kunjungi karena leteknya yang berada di ketinggian 1200 meter di atas permukaan  air laut dengan sajian panorama elok khas dataran tinggi lengkap dengan kabut putih yang menyelimuti tubuh dan menarik untuk senantiasa memandanginya. Tidak ketinggalan di temani secangkir kopi hitam dan jagung bakar manis gurih hangat menambah kehangatan bersama sahabat,  kerabat dan yang terkasihi.

Obyek wisata alam Ketep Pass Magelang yang menghidangkan panorama elok pegunungan serta ilmu pengetahuan tentan pegunungan aktif. Pada 17 Oktober 2002 tempat ini diresmikan oleh Presiden RI saat itu yaitu Ibu Megawati Soekarno Putri. Pemprakarsa bukit ini menjadi sebuah tujuan wisaja di jalur Solo - Selo - Borobudur adalah H. Mardiyanto selaku Gubernur Jawa Tengah. Tempat yang cukup luas karena dengan luas 8.000 m², Ketep Pass difasilitasi dengan berbagai hal yang sangat lengkap seperti gardu pandang, Ketep Volcano Tseperti,  Teropong,  Ketep Volcano Centre, Tempat Makan, Pelataran Panca Arga , tempat bermain anak-anak, tempat parkir yang sangat  luas dan mushola serta wc umum dan buah Gazebo tang berbentuk segi delapan dan persegi panbuah yang merupakan gardu pandang di Ketep Pass. Kemegahan gunung kembar tang berwarna kebiru - biruan yaitu gunung Merapi dan Gunung Merapi dapat kita nikmati dari gazebo yang ada ini. Dua gunung kembar tang membuat ketakjuban akan kuasa Tuhan karena kegagahannya yang turut menghias dunia. Dari sini kita dapat lihat pula hamparan yang hijau subur dari lahan pertanian yang di kelola para petani serta gubuk dan bangunan kokoh berupa rumah - rumah para penghuni lereng Gunung Merapi.



Ketep Volcano center yang yang menyuguhkan berbagai informasi tentang Gunung Merapi adalah musium yang terdapat di Ketep Pass Magelang inilah. Dari Musium ini yaitu bangunan berbentuk melingkar,  kita dapat menyaksikan miniatur dari Gunung Merapi yang aktif sepanjang tahun, foto - foto kejadian letusan Gunung Merapi sebagai bentuk dokumentasi kejadian,  puncak gunung merapi dengan ukuran 3 x 3 ,  dan juga strereoskop yang merupakan alat untuk melihat foto udara menjadi gambar 3 dimensi yang lumayan canggih.

Plataran Panca Arga yang terdapat di Ketep Pass merupakan titik tertinggi dari obyek wisata ini. Saat kita bisa melihat momen yang elok puncak 5 gunung dari peralatan yang ada,  yaitu jika cuaca sedang dalam kondisi cerah tanpa kabut atau saat mendung dan hujan tidak sedang melanda dan juga awan tidak menutupi pandangan. Keelokan 5 gunung yaitu Gunung Merbabu,  Gunung merapi , Gunung Slamet,  Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

Alangkah lengkapnya tempat ini disaat udara dingin biasanya perut kita akan terasa kroncongan dan lapar kita bisa mencicipi makanan pengganjal perut yang bisa dengan mudah didapat seperti nasi pecel ( menikmati sayur segar hasil penduduk setempat)  , mie godog,  mie goreng, mie ayam dan nasu rames. Bahkan jika ingin berlama - lama disini menikmati suasa pedesaan yang asri kita bisa menginap di homestay yang ada di kawasan ini dan tentunya kita akan mendapat pengalaman liburan yang sangat enggan kita lupakan dan seru.

Rekomendasi Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Di Ketep Pass Magelang
Meneropong

Apabila memang kita ingin dapat mengetahui secara jelas bentukan dari dua gunung Merapi dan Merbabu secara lebis jelas dan nampak dekat kita bisa menyewa teropong yang telah tersedia di plataran panca arga yang harganya sangat terjangkau. Ataupun binokuler yang dapat dengan menyewa dari penduduk sekitar yang turut menyewakan dengan harga yang terjangkau pula.

Menonton film dokumenter saat Erupsi Gunung Merapi
Saat kita penasaran dengan terjadinya erupsi Merapi yang dahsyat di tahun 2010 yang belum lama ini,  kita bisa melihat di Ketep Volcano Treatre. Dengan waktu 20 menit film dokumenter tentang erupsi Gunung Merapi di putar di gedung ini. Yang ashik dan bersahabat dengan pengunjung yaitu pemutaran film ini tidak aja jam khusus melainkan ada personil khusus yaitu sebanyak 15 orang.

Menikmati  Sunrise

Tambah semakin elok dan menarik para pengunjung karena di ketep pass Magelang kita di manjakan dengan dapat menikmati sunrice. Berbeda dengan sunrice yang lain di tempat ini sanrice berada diantara dua gunung kembar yaitu Merapi dan Merbabu.

Hunting Foto

Ketep Pass merupakan tempat yang sesuai untuk hunting foto. Bagi para penggemari landcape,  kita bisa mendokumentasikan sunrise dengan latar belakang gunung kembar, area pertanian warga yang membentuk kontur alam yang elok,  hingga gugusan perbukitan dan gunung-gunung yang berdiri berjajar serupa barisan penjaga. Namun lain lagi bagi penggemar foto-foto human interest, kamu bisa memotret warga yang sedang beraktivitas di ladang, para penjual sayur, penjajak jagung, atau pengunjung unik dan beragam momen unik lain unik

Cara berkunjung

Obyek Wisata Ketep Pass berlokasi dijalur Solo-Selo-Boyolali (SSB) atau lebih tepatnya di Jl. Blabak – Boyolali Km. 16, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa Tengah. Dari Jogja terdapat dua jalan yang bisa dilewati. Jalur pertama merupakan jalur yang umum dilewati yakni Jalan Muntilan – Blabak - Magelang Setelah sampai (pertigaan Blabak belok kanan) – Sawangan –Ketep Pass , kita juga bisa singgah dulu di wisata taman Bambu Papringan,  Menara eiffell sawangan sekitar SLTP Negeri 1 Sawangan. Sedangkan jalur kedua bisa melewati jalan kecil di samping Klenteng sebelum pasar Muntilan. Dari Klenteng Hok An Kiong itu tinggal lurus saja mengikuti jalan utama (kamu akan melewati Pasar Talun , Pasar Soko Sewukan,  Candi Asu dan  jembatan gantung) hingga menemui pertigaan  Tlatar ( terdapat Candi lumbung) Kecamatan Sawangan, dari pertigaan maka nantinya  silahkan belok kanan dengan jalan menanjak hingga mhinggkan pertigaan Ketep Pass.

Himbauan Mengunjungi Ketep Pass

Jarak tempuh Ketep Pass dari Yogyakarta sekitar 1,5 – 2 Jika kita ingin menikmati sunrise di sini, datanglah sepagi mungkin agar tidak ketinggalan moment tersebut.Waktu terbaik untuk menikmati pagelaran sunrise yang bagus adalah bulan Juni sampai Agustus karena matahari akan berada di tengah-tengah Gunung Merapi dan Gunung Merabu.

Comments

Popular posts from this blog

Istilah - istilah Gay Sekedar Tahu

Pasar Manuk atau Pasar Burung Muntilan , Pasar Klitikan

Viar Motor Roda Tiga Penumpang Asli Dari Viar ( wong deso )